• Batur, Tegalrejo, Ceper, Klaten 57465 Jawa Tengah
  • (0272) 552968/552106

Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LPPM) Politeknik Manufaktur Ceper mengemban dua fungsi sekaligus, sebagai lembaga penelitian dan lembaga pengabdian. Sebagai lembaga penelitian, LPPM memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengatasi berbagai masalah dan tantangan. Hal ini didasari pemahaman bahwa setiap keputusan ataupun kebijakan yang baik dan berdasar pasti membutuhkan proses penelitian lebih dahulu. Sebab, proses penelitian akan membantu memecahkan masalah secara terstruktur dengan logika berpikir yang benar. Di dalam sebuah penelitian pasti melalui tahapan investigasi yang sistematis, terkontrol, empiris dan kritis dari suatu proposisi hipotesis mengenai hubungan tertentu.

Penelitian merupakan refleksi dari keinginan untuk mengetahui sesuatu berupa fakta-fakta atau fenomena alam. Perhatian atau pengamatan awal terhadap fakta atau fenomena merupakan awal dari kegiatan penelitian yang melahirkan suatu pertanyaan atau masalah. Disinilah peran penting itu terjadi. Berangkat dari pertanyaan atau masalah itulah kemudian lahir sebuah pengetahuan yang bermanfaat sebagai jawaban dari pertanyaaan dan masalah yang timbul.

Adapun pengabdian kepada masyarakat oleh perguruan tinggi diartikan sebagai pengamalan ilmu pengetahuan yang dilakukan oleh perguruan tinggi secara kelembagaan melalui metode ilmiah langsung kepada masyarakat (di luar kampus yang tidak terjangkau oleh program pendidikan formal) yang membutuhkannya, dalam upaya menyukseskan pembangunan dan pengembangan sumber daya manusia